Assalammualaikum wr.wb.

Selamat hari Senin teman-teman…mendung-mendung ditambah hari pertama masuk setelah libur, bawaannya malas banget yah. Dulu aku pun merasakan hal tersebut ketika masih bekerja, sekarang sudah tidak perlu masuk hari Senin dan merasakan malas yang sama.

Ngomongin soal kantor, tempat kita bekerja itu menjadi hal yang paling menentukan dalam menentukan kenyamanan kita bekerja, pastinya yah..Kantor yang tidak bikin nyaman sudah otomatis bikin kita malas-malasan kerja, yang dipikirin adalah kapan hari Jumatnya hahahahha….

Nah, ada beberapa Perusahaan yang menurut saya sangat menghargai karyawannya, Family Friendly dan bikin nyaman karyawannya, salah satunya Danone. Beberapa tahun lalu, aku pernah diajak berkeliling kantor pusat Danone di Kuningan. Kebijakan Perusahaan yang benar-benar memanusiakan manusia bikin aku dan beberapa undangan terkesima dan pengen banget bisa kerja di Danone.

Nah, beberapa hari lalu, tepatnya hari Rabu tanggal 12 Februari 2020, saya bersama perwakilan Mombassador SGM Eksplor dan Blogger serta Media diundang oleh Danone untuk menyaksikan Peluncuran Laporan Keberlanjutan Danone Specialized Nutrition Indonesia (Danone SN Indonesia) di Pabrik Sentul PT. Sugizindo. Sebagai orang awam, aku sendiri penasaran dengan apa aja sih yang ada dalam Laporan Keberlanjutan tersebut??. Kalian penasaran juga kan?? teruskan membacanya yah..karena akan saya ulas satu persatu disini.

Kami peserta undangan berkumpul di Menara Cyber 2, dan berangkat bersama-sama menuju PAUD CERDAS. Kenapa sih ke PAUD CERDAS?? aku juga bertanya-tanya saat itu…ternyata PAUD CERDAS ini adalah salah satu PAUD yang mendapatkan bantuan dana CSR dari Danone Specialized Nutrition Indonesia.

Setibanya di PAUD CERDAS, kami semua disambut dengan tarian dari anak-anak PAUD CERDAS yang lucu-lucu. Sambutan dibuka oleh Mbak Helmy Yohana (Factory Manager Pabrik Sentul PT. Sugizindo). Menurut Mbak Helmy, PAUD CERDAS ini didirikan pertama kali tahun 2012, dalam kurun waktu 2012-2015 Danone Spezialized Nutrition Indonesia membantu menyediakan fasilitas dengan menyewakan rumah yang terletak tidak jauh dari Pabrik Sentul untuk digunakan sebagai area bermain dan belajar anak-anak. Kemudian di tahun 2016 Danone Specialized Nutrition Indonesia memanfaatkan lahan dan akses Pabrik Sentuk untuk membuat PAUD CERDAS sebagai bentuk keberlanjutan CSR Danone. Secara berkala Danone bekerjasama dengan PAUD CERDAS, membuat program-program seperti salah satunya Sugizindo Mengajar, dimana karyawan Pabrik Sentuk turun ke PAUD untuk berbagi pengetahuan mengenai keselamatan, kesehatan, makanan dan yang berhubungan dengan anak usia dini.

ISI PIRINGKU

Aku terkesima melihat penampakan PAUD CERDAS yang rapi, bersih dan sepanjang dinding yang ada di PAUD tersebut diuguhkan dengan gambar-gambar yang memberikan edukasi kepada anak-anak misalnya ada gambar mengenai kebiasaan mencuci tangan sebelum makan yang terdapat di dinding dekat area wastafel cuci tangan.

Danone Specialized Nutrition Indonesia percaya bahwa keberlanjutan adalah kesehatan bagi Individu dan juga kesehatan Planet dimana kita tinggal, dan untuk itulah Danone merasa perlu memberikan edukasi kepada masyarakat Indonesia untuk memulai kebiasaan yang baik dalam keseharian, seperti misalnya yang diterapkan dalam PAUD CERDAS ini dimana anak-anak dibiasakan untuk mencuci tangan sebelum makan dan selalu makan makanan yang bernutrisi lengkap sesuai dengan program Isi Piringku yang dipelopori oleh Danone dan ini dinilai cukup sukses diterapkan di masyarakat. Isi Piringku tidak hanya mengedukasi anak-anak PAUD saja tapi juga memberikan pengetahuan mengenai isi piringku kepada Guru-guru PAUD dan orangtua murid, sehingga kebiasaan baik ini dapat terus berlanjut di rumah.

PELUNCURAN LAPORAN KEBERLANJUTAN DANONE SN INDONESIA

Setelah selesai mengunjungi PAUD CERDAS, kami diajak masuk ke Pabrik Sentul PT. Sugizindo. Pabrik sentul ini masih satu area dengan PAUD CERDAS. Pabrik yang berluaskan sekitar 31.000 m2 ini sudah mempekerjakan sebanyak 130 orang karyawan, tidak terlalu banyak yang dipekerjakan mengingat Pabrik ini sudah semi otomatis sehingga sebagian besar sudah menggunakan mesin otomatis. Pabrik ini sangat ketat peraturan untuk keluar-masuk orang, kami diharuskan registrasi dulu dan diambil foto diri kemudian baru bisa mendapatkan kartu akses masuk. Danone memang salah satu Perusahaan yang sangat taat pada peraturan terutama terkait keselamatan dan kesehatan kerja yang harus berstandarkan internasional.

Di Pabrik Sentul, kami akan menyaksikan Peluncuran Laporan Keberlanjutan 2017-2018 Danone Specialized Nutrition Indonesia oleh ibu Connie Ang, Presiden Direktur Danone Specialized Nutrition Indonesia. Sebelum dimulai peluncuran, ibu Connie Ang memberikan sambutannya, beliau mengatakan bahwa Laporan Keberlanjutan merupakan wujud transparansi Danone kepada publik atau masyarakat, Para Pemegang Saham dan Pemangku kewenangan. Bagi Danone keberlanjutan adalah kesehatan bagi individu dan juga kesehatan Planet dimana kita tinggal. Intervensi dalam bidang kesehatan dan nutrisi serta didukung dengan pengetahuan adalah hal yang terus dilakukan oleh Danone agar tercipta visi Danone One Health One Planet.

Produk yang dihasilkan dari Pabrik Sentul ini, tidak hanya untuk anak-anak yang sehat, beberapa produk di design sedemikian rupa melalui research untuk anak-anak dengan kondisi gizi khusus seperti anak dengan alergi, anemia maupun stunting.

Nutrisi menjadi sangat penting, namun yang lebih penting menurut ibu Connie Ang, adalah edukasi sehingga dalam Laporan Keberlanjutan dimasukkan mengenai upaya-upaya edukasi yang dilakukan oleh Danone.

Danone SN Indonesia tidak hanya menjadi Perusahaan yang peduli terhadap Nutrisi anak-anak tapi juga berusaha mengedukasi Masyarakat melalui program pemberdayaan lewat dana CSR nya, misalnya Rumah Tempe, Warung Anak Sehat, dan sebagainya. Rumah Tempe sudah memproduksi produk tempe yang sudah diolah menjadi snack atau cemilan sehat, Warung Anak Sehat pun ikut menggerakkan perekonomian keluarga melalui jajanan sehat untuk anak sekolah.

Keberlanjutan Danone SN Indonesia, bisa terlihat dari Perusahaan itu sendiri. Keberlanjutan bisa terlihat dari taat aturan atau tidaknya suatu Perusahaan, dan Danone SN Indonesia selalu berusaha berkomitmen untuk menaati peraturan yang berlaku baik secara domestik maupun internasional. Tidak hanya mengenai aturan, Danone SN Indonesia juga berusaha menjadi tempat ternyaman bagi karyawannya karena sebagian besar waktu karyawannya ada di Pabrik Sentul ini sehingga Perusahaan menciptakan suasana kerja yang baik bagi para karyawannya serta memberikan kesempatan pada karyawannya untuk bisa mengeluarkan ide dan pendapatnya untuk didengar oleh stake holder.

Danone SN Indonesia sendiri juga bekerjasama dengan akademisi dalam hal ini Institut Pertanian Bogor, menciptakan suatu inovasi seperti buku panduan Isi Piringku yang disebar ke berbagai PAUD yang menjadi binaan Danone, serta menciptakan media ajar bagi anak-anak usia dini.

Akhirnya, Danone SN Indonesia pun meluncurkan Laporan Keberlanjutan 2017-2018 sebagai bentuk transparansi komitmen Danone SN Indonesia dalam memanfaatkan dana CSR di hadapan publik, masyarakat, konsumen, stake holder. Masyarakat juga dapat mengunduh Laporan Keberlanjutan 2017-2018 Danone SN Indonesia ini di website : www.sarihusada.co.id atau di website : www.nutricia.co.id

Ibu Connie Ang secara resmi meluncurkan Laporan Keberlanjutan 2017-2018 Danone SN Indonesia

Peluncuran Laporan keberlanjutan pun selesai dan diakhiri dengan makan siang dan mengunjungi isi dalam Pabrik Sentul, sayangnya kami tidak diperkenankan untuk mengambil gambar atau mendokumentasikan isi dalam Pabrik Sentul.

Terima kasih Danone, semoga apa yang dilakukan oleh Danone ini bisa diikuti oleh Perusahaan-perusahaan lainnya terutama dalam transaparansi penggunaan dana CSR Perusahaan.