Janin/ Bayi dalam Kandungan pun bisa Stress

Begitu baca judulnya, langsung semua bertanya, emang Bayi dalam kandungan bisa stress?? masa sih? termasuk saya yang juga sempat bertanya masa sih bayi dalam kandungan bisa stress juga…ternyata bisa banget, setelah saya mengikuti talkshow yang diadakan oleh Majalah Mother & Baby Indonesia dan Sweety Gold. Dalam Talk show ini banyak banget seputar stress pada ┬ábayi dalam kandungan dan membahas juga mengenai produk Sweety Gold yang kebetulan saya juga menggunakan produk Sweety Gold untuk kedua anak saya.

Talkshow ini diadakan pada hari Minggu, 31 Juli 2016 yang bertempat di Igor’s Pastry, Jl. Wijaya, Jakarta Selatan. Kebetulan saya hadir sebagai Blogger Mom yang mendapatkan undangan dari Majalah Mother & Baby Indonesia dan ini adalah event ke-2 Mother & Baby Indonesia yang saya datangi sebagai Blogger Mom.

Begitu masuk ke venue, registrasi seperti biasa saya melihat-lihat dekorasi acara ini, karena sponsornya adalah Sweety Gold, dekorasi nya sudah pasti full of Gold dan Dress Code nya pun juga bertema Gold. Saat itu saya datang bersama anak pertama saya Fina (3 tahun) yang selalu ngintil mamanya kalo weekend ­čÖé :). Di sudut sebelah kanan panggung, ada Photo corner yang sudah didekorasi dengan nuansa Gold dan dihiasi pernak-pernik produk Sweety Gold. dan yang paling menarik kakak Fina untuk berfoto disitu adalah Hello Kitty, yup banyak sekali pernak pernik Hello Kitty yang merupakan gambar dari Popok Sweety Gold. Daripada bengong karena acara belom mulai, kamipun berfoto-foto do Photo Corner tersebut.

Acara dibuka oleh MC Ammy Zein (salah satu MC favorit saya sekaligus penyiar di stasiun radio). Dengan suaranya yang khas Mbak Ammy Zein membuka acara dengan keceriaan dan penuh semangat, sehingga kami para peserta menjadi Fun.

IMG_5716

Sambil menunggu nara sumber siap, Mbak Ammy pun mengingatkan peserta untuk selfie/wefie dan memasukkannya ke Instagram atau Twitter karena nantinya akan dipilih masing-masing 3 pemenang untuk Best Selfie Instagram dan Twitter. Saya dan teman-teman Blogger Moms pun tidak menyia-nyiakan waktu yg ada untuk ber-selfie dan ber-wefie ria sambil menunggu acara benar-benar dimulai.

IMG_5727

Sesi pertama Talk Show dibuka oleh Dokter kandungan, Dokter Taufik SPOG yang juga salah satu dokter di RS Bunda Menteng. Beliau pun banyak menjelaskan tentang Stress pada Bayi dalam Kandungan.

IMG_5740

Apa sih faktor-faktor yang dapat membuat Janin/bayi dalam Kandungan bisa stress??? menurut dokter Taufik ada banyak faktor yang bisa membuat janin/bayi dalam kandungan stress, diantaranya : Ibu Anemia, Ibu Demam, Air Ketuban kurang, Ibu Stress/depresi, Proses Persalinan yang lama, Oksigen berkurang, Ibu sakit, Terlilit tali pusat dll.

IMG_5743

Ibu Stress = Janin Stress, setuju banget sama statement ini. karena bayi dalam kandungan bisa merasakan apa yang dirasakan oleh Ibunya. Apa sih penyebab ibu Hamil stress??? Ibu hamil biasanya mengalami stress karena adanya perubahan-perubahan yang cukup signifikan, baik secara fisik maupun mental, dan biasanya nih para calon ibu hanya mempersiapkan perubahan-perubahan secara fisik aja tanpa menyadari bahwa faktor emosional juga akan berubah. Koneksi antara Ibu dan janinnya akan membuat si jabang bayi bisa ikut merasakan keresahan ibunya…Selain itu Faktor eksternal juga dapat membuat calon ibu tambah stress seperti mengejar deadline pekerjaan, terjebak macet di saat sedang terburu-buru, masakan belum jadi padahal ayah sudah pulang dan mempersiapkan keperluan baby yang selalu dirasa tidak cukup. Nahhh selama saya menjalani 2 (dua) kali kehamilan, faktor perubahan emosional dan mengejar deadline pekerjaan lah yang paling membuat saya stress…apalagi di kehamilan pertama dimana pekerjaan sedang banyak-banyaknya karena banyak proyek drilling yang harus saya persiapkan pengadaannya sehingga saya sampe 2 (dua) kali bed rest di Rumah sakit karena mengalami flek dan bahkan pendarahan. Ternyata stress saya juga dirasakan oleh baby saya waktu dalam kandungan….barulah saya mengerti kenapa ibu Hamil tidak boleh terlalu capek dan harus enjoy, happy menghadapi kehamilannya.

Lalu apa sih efek dari Ibu terhadap Janin?? Menurut penjelasan dokter Taufik, efek dari stress nya Ibu terhadap Janin adalah : Denyut jantung dan frekuensi gerak bayi berkurang/cepat; ┬áKelahiran bayi premature/ kurang berat badan karena kontraksi; Kerusakan pada organ bayi pada saat lahir/cacat tulang belakang; Resiko autism pada anak lebih tinggi; Janin mengeluarkan kotoran janin yang dapat mengotori air ketuban, menyumbat pernafasan serta menyebabkan infeksi Ibu dan Janin; Kematian pada janin /anak yang baru dilahirkan. Wahhh efek dari Stress nya Ibu berbahaya banget yah Moms…Jadi jangan stress yah Moms jika sedang hamil, karena Kehamilan itu adalah Momen yang sangat berharga buat seorang Ibu, a precious moment seperti tagline nya Sweety Gold. Jangan sampe Stress merusak precious moment nya Moms yaah.

IMG_5755

Dokter Taufik juga menjelaskan Tips/Cara menjaga Kehamilan tetap sehat dari Kementerian Kesehatan, diantaranya : Rutin memeriksakan kandungan ke dokter kandungan; Minum vitamin dari dokter kandungan secara rutin; simpan buku KIA untuk memantau kehamilan; Menjaga kebersihan tubuh dan memastikan bagian kemaluan tetap bersih dan kering; Meningkatkan konsumsi makanan hingga 300 kalori/hari dari menu seimbang; Latihan fisik normal/tidak berlebihan dan Istirahatlah jika Lelah. Alhamdulillah selama saya menjalani 2 (dua) kehamilan, semua tips/cara tersebut diatas selalu saya jalani, walaupun minum vitaminnya terkadang suka males atau kelupaan hehehehe.

Penjelasan yang sangat menarik dan bermanfaat banget apa yang disampaikan oleh Dokter Taufik, yang awalnya kita tidak tahu kalo Janin bisa stress akhirnya kita jadi tahu dan mengerti bahwa Janin dalam kandungan juga bisa stress.

Persiapan menjelang kelahiran juga bisa membuat calon Ibu juga hamil menjadi stress seperti yang dikemukakan oleh Dokter Taufik di atas termasuk memilih produk Diapers yang terbaik, nyaman dan aman buat bayi. Moms tidak perlu repot-repot memikirkan itu, Sweety Gold hadir untuk memberikan solusi kepada para calon Ibu dalam  menentukan produk Diapers yang terbaik. Brand Manager dari Sweety Gold memberikan presentasi yang baik sekali dalam Talkshow ini. Kebetulan saya adalah pengguna produk Sweety Gold yang juga membuktikan sendiri keunggulan Produk Sweety Gold dibanding merk diaper yg lain. Apa sih keunggulan Sweety Gold??

Sweety Gold satu-satunya Popok di Indonesia yang teruji secara klinis oleh Australian Dermatologist. Nahhh kalo ini saya baru tahu loh Moms kalo Sweety Gold adalalah satu-satunya di Indonesia, wahhh berarti produk ini aman bgt yah Moms untuk kulit bayi kita yang sensitif.

Sweety Gold adalah Produk popok Bayi Lokal No.1 di Indonesia.  Kalo info ini saya sudah tahu, dan itulah mengapa saya memilih produk Sweety Gold karena saya turut bangga dengan produk Lokal yang mampu bersaing dengan produk-produk serupa dari Luar Negeri, jadi daripada beli produk Luar negeri lebih baik beli produk Lokal selain kualitasnya oke, harga juga terjangkau Moms. Siapa lagi yang bisa memajukan produk Lokal selain bangsa kita sendiri :).

Sweety Gold adalah produk popok pertama di Indonesia yang mempunyai teknologi Diamond Layer dan satu-satunya Popok Celana yang bertekstur berlian. Ini bener loh Moms, aku sendiri sudah membuktikan kalo Sweety Gold bertekstur Berlian, gimana sih terktur berlian itu?? ini moms gambarnya :

IMG_5779

Jadi si Diamond Layer ini lah yang membantu permukaan yang basah cepat menyerap sehingga permukaan popok akan terus kering. Ini bener banget, pengalaman anakku yang menggunakan Sweety Gold, walaupun digunakan semalaman permukaannya tetap kering dan tidak mudah bocor, sehingga anakku bisa nyenyak banget tidurnya.

Yang paling bikin anakku seneng bgt pake Sweety Gold karena design gambar di kemasan Popok serta di popoknya adalah Hello Kitty, gambarnya yang lucu dan imut yang bikin anakku juga senang bgt, apalagi anak keduaku yang suka senyum-senyum kalo liat gambar Hello Kitty ini dan langsung anteng kalo dipakein  popok ini.

IMG_5785

Selain itu Sweety Gold juga punya program Parent Academy, dimana parent academy ini tempatnya para Moms berbagi tips seputar parenting dan jika Moms aktif berbagi tips bisa ke Amerika juga loh…Parents Academy ini juga ada program rewards nya. Bagi Moms pengguna Sweety Gold akan menemukan selembar kupon berisi poin yang bisa dikumpulkan dan ditukarkan dengan hadiah

Wahhh saya jadi makin suka dengan popok Sweety Gold setelah mendengarkan penjelasan dari Brand Manager nya Sweety Gold. Ternyata selama ini saya sudah tepat dalam memilih popok yang baik untuk kedua anak saya.

Sesi terakhir dari Talkshow ini ditutup dengan Workshop Pijat Ibu Hamil dari Mom n Jo. Ibu hamil biasanya kerap stress yang berawal dari pikiran, oleh karena itu pijatan dimulai dari kepala. Ada istilah gerakan pijat TTM (Telunjuk, Tengah, Manis) untuk diaplikasikan ke area kepala ibu hamil, gerakannya lembut saja karena kalo dengan keras malah akan tambah pusing. Selain TTM juga ada gerakan pijat I L U (I Love U) gerakan ini dilakukan di area perut ibu hamil dengan gerakan menyerupai huruf I, L dan U untuk mengatasi janin yang posisinya masih sungsang.

 

Wahhh ibu hamil jadi bisa mempraktekkan sendiri nih gerakan-gerakan pijat untuk ibu hamil. Tapi kalo mau lebih rileks mending datang ke Mom n Jo dijamin bakalan lebih rileks, stress hilang dan tempat ini jadi Me time banget loh buat bumil. Saya beberapa kali datang ke Mom n Jo dan emang tempat itu nyaman bgt, betah berlama-lama disana dan langsung rileks pikiran dan buat ibu seperti saya yang punya anak dan anaknya maunya ngintil terus sama emaknya, Mom n Jo juga menyediakan layanan untuk family (ibu, anak dan ayah) jadi bisa sekalian deh diajak suami dan anak2nya.

Talkshow pun diakhiri dengan tanya jawab. Para Moms yang sedang hamil maupun peserta lainnya pun langsung melontarkan pertanyaan menarik untuk keseluruhan narasumber dan bintang tamu. Sayangnya karena keterbatasan waktu, pertanyaan yang bisa ditampung pun hanya sedikit padahal Moms yg lain banyak yg masih antusias bertanya.

Sebelum talkshow ditutup, Mother & Baby Indonesia serta Sweety Gold mengumumkan pemenang “Best Dress”, “Best selfie/wefie on Twitter” dan “Best Selfie/Wefie on Instagram” dan Lucky Draw, banyak sekali hadiah yang diberikan dalam talk show kali ini, dan alhamdulillah saya beserta sebagian besar blogger moms yang ada ┬ádi group saya berhasil memenangkan Best Dress, Best Selfie on Twitter dan Best Selfie on IG serta Lucky Draw…wooowwww ga sia-sia yaah datang ke acara talk show ini, dapet ilmu plus dapet hadiah yang bagus2 dari Mother & Baby Indonesia serta Sweety Gold.

IMG_5872

Tidah hanya itu saja bahkan semua Peserta diberikan Goodie Bag yang keren banget dari acara ini, yang isinya popok Sweety Gold, Softex, Voucher Mom n Jo yang dikemas dalam box yang keren bgt dengan nuansa warna Gold.

IMG_5878

Thanks Mother & Baby Indonesia serta Sweety Gold yang telah menyelenggarakan acara yang sangat bermanfaat tidak hanya untuk Moms to be tapi juga untuk semua Moms lainnya yang sudah maupun akan mengalami precious moment pregnancy.

Sampai bertemu kembali di event-event keren lainnya dari Mother & Baby Indonesia!!

 

 

 

 

 

By admin

Just an Ordinary Moms with 2 Daughter Likes Cooking, Food Photography enthusiast

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *