Assalammualaikum wr.wb.

Sebagai ibu dari 2 orang anak yang juga bekerja, saya sudah merasakan berganti perusahaan tempat saya bekerja sebanyak 3 kali dari 15 tahun perjalanan karir saya. Dari berbagai tempat kerja tersebut setiap kantor atau perusahaan punya kebiasaan, budaya dan etos kerja nya masing-masing, dan masih sangat melekat budaya Indonesia yang senior akan lebih dihargai daripada yang muda-muda…dan karyawan wanita hanya dipandang sebelah mata dibandingkan karyawan pria, kesemua itu sudah saya alami. Sebagai karyawan, saya ga menuntut macam-macam hanya meminta kenyamanan bekerja saja, karena jika kita nyaman insya Allah kerja pun jadi semangat dan Perusahaan pastinya akn terbantu dengan semangat kerja dari karyawannya.

Beberapa waktu lalu saya mendapatkan kesempatan untuk berkunjung ke Kantor Danone Indonesia yang terletak di Cyber 2 Kuningan bersama teman-teman Blogger dalam acara “Discovering Talent Management Danone Indonesia”. Selama ini cuma tahu Danone Indonesia ini ya dari produk-produknya terutama Aqua yang merupakan produk fenomenal dari Danone Indonesia tetapi tidak pernah mengetahui dimana letak Kantor Danone Indonesia. Alhamdulillah mendapat kesempatan main-main ke kantornya Danone Indonesia.

Di tulisan ini saya akan mengupas tentang Perusahaan Danone Indonesia mulai dari Kebijakan Perusahaannya, Fasilitas Perusahaan sampai ke Suasana tempat kerja Danone Indonesia yang beda dengan kantor-kantor pada umumnya. Penasaran kan??? Baca terus yah sampai habis 🙂 🙂

Acara dimulai pukul 11.00 WIB bertempat di Danone Academy di Lantai 9 Gedung Cyber 2 yang didahului dengan santap siang sebelum memulai acara.

Danone Academy

Makanan

Visi & Misi Danone Indonesia

Acara Discovering Talent Management dibuka oleh Bpk. Arif Mujahidin selaku Corporate Communications Director Danone Indonesia dan pemutaran video sekilas mengenai Danone Indonesia dan produk-produk dari Danone Indonesia. Beliau menjelaskan bahwa Danone Indonesia memiliki misi untuk berkomitmen membawa kesehatan melalui makanan, misi  ini dapat memberikan dampak positif  kepada sebanyak mungkin orang, dari segala usia,  lingkungan sosial dan budaya  yang berbeda, termasuk karyawan Danone Indonesia sehingga terwujud visi Perusahaan Danone Indonesia yaitu “One Planet One Health” dimana antara Kesehatan manusia dan kesehatan lingkungan saling berkaitan.

Suasana event

Danone sudah berinvestasi di Indonesia sejak tahun 1998 dan akan terus melanjutkan investasinya di Indonesia. Sudah lebih dari 2 juta orang mendapatkan nafkah dari kegiatan Perusahaan Danone Indonesia dan Danone Indonesia telah memiliki lebih dari 15.500 Karyawan yang tersebar di seluruh Indonesia serta memiliki 22 Pabrik, 2 mini pabrik serta 1,5 juta Outlet.

Kehadiran Danone Indonesia tidak hanya berinvestasi secara materi saja namun Danone Indonesia juga memiliki komitmen dan kepedulian terhadap Lingkungan di Indonesia. Sudah banyak program terkait kepedulian Lingkungan yang  diterapkan oleh Danone Indonesia seperti perbaikan sistem irigasi/pengairan di Indonesia, penanaman 2,5 juta pohon di Indonesia, program air bersih di desa-desa yang ada di Indonesia, Merapi Project dan lain-lain.

Tidak hanya kepedulian terhadap Lingkungan, tapi Danone Indonesia juga menaruh perhatian terhadap sosial kemasyarakatan. Danone Indonesia memiliki banyak program yang bertujuan mengembangkan kemampuan dan kualitas dari masyarakat setempat seperti   misalnya Mendirikan Taman Pintar di Yogyakarta sebagai bagian dari program Sari Husada untuk mendukung tumbuh kembang dan pendidikan anak, kemudian ada Program Isi Piringku Campaign yang melatih anak-anak usia 4-6 tahun untuk menerapkan pola makan sehat serta Program Warung Anak Sehat.

 

Commitment To Youth

Danone Indonesia juga memiliki komitmen yang besar terhadap pengembangan bakat dan kualitas generasi muda Indonesia. Melalui programnya Danone Indonesia telah mengirim lebih dari 150.000 anak-anak Indonesia berpartisipasi dalam ajang Global U10-12 Soccer Competition.

Dan melalui Program Temukan Indonesiamu, Danone Indonesia mencari bakat-bakat generasi muda Indonesia dalam menciptakan design dari kemasan produk air mineral Aqua yang menjadi ciri khas dari kekayaan budaya Indonesia.

 

Commitment To Gender Equality

Sebagai informasi, Danone Indonesia sudah mempekerjakan lebih dari 2000 pekerja wanita atau sekitar 14% dari total pekerja Danone Indonesia.

Dan Danone Indonesia sangat memperhatikan kesetaraan Gender (wanita dan pria) untuk mendapatkan kesempatan yang sama untuk berkarier di perusahaan Danone Indonesia.

Dalam memenuhi komitmennya terhadap kesetaraan Gender, Danone Indonesia sudah memiliki Program dan kebijakan yang mendukung pekerja wanita bisa tetap nyaman bekerja di Perusahaan Danone Indonesia.

Kebijakan tersebut berupa : Cuti Melahirkan selama 6 (enam) bulan bagi pekerja wanita dimana kebijakan ini menjadikan Danone Indonesia sebagai satu-satunya Perusahaan yang merupakan pelopor cuti melahirkan melebihi dari standar Perusahaan-perusahaan lainnya di Indonesia, Tidak hanya itu Danone Indonesia juga menyediakan fasilitas yang menunjang pekerja wanitanya untuk lebih nyaman bekerja di perusahaan yaitu dengan menyediakan Lactation Room untuk Pekerja wanita yang ingin memompa Asi atau breast feeding, menyediakan Konseling selama kehamilan Pekerja wanitanya yang dilakukan oleh Ambassador, menyediakan DanCare yaitu  semacam Day Care yang disediakan khusus menjelang lebaran untuk tempat bermain dan menitipkan anak-anak pekerja yang Asisten Rumah Tangganya sedang pulang kampung, serta jam kerja yang felksibel yang kesemuanya itu benar-benar mendukung Pekerja wanita untuk merasa nyaman bekerja di Danone Indonesia. 

Oh ya mungkin tidak banyak yang tahu jika jajaran Board of Directors di Danone Indonesia ini 40% nya adalah wanita…wooowww di Danone Indonesia benar-benar posisi wanita disetarakan dengan pria dan diberi kesempatan yang sama dengan Pria, sementara di kebanyakan Perusahaan masih memandang sebelah mata terhadap pekerja wanitanya bahkan tidak pernah memberi kesempatan kepada pekerja wanita untuk berkembang dan menunjukkan kemampuannya.

Salah satu contohnya adalah Corine Tap – Presiden Direktur PT. Tirta Investama  (Danone-AQUA) sebagai seorang perempuan yang berhasil ada di jajaran Board of Directors mengatakan bahwa “Keberagaman merupakan bagian dari budaya Perusahaan karena kami percaya bahwa latar belakang karyawan yang beragam dapat mendorong organisasi untuk lebih maju dan sehat. Di Danone Indonesia, kesempatan untuk berkembang tidaklah terbatas pada jenis kelamin baik pria maupun wanita. Saya adalah  Presiden Direktur perempuan yang  sangat merasakan dukungan yang diberikan oleh Danone Indonesia dalam mengembangkan karir saya.” Corine juga menjelaskan bahwa kesuksesan karirnya tak lepas dari dukungan keluarganya yang tinggal di Bali, suami beserta keempat anak-anaknya. Jadi, Danone Indonesia merupakan Great Place to Grow bagi pria maupun wanita.

Corine

 

Talent Management Danone Indonesia

Pak Evan

Evan Indrawijaya selaku HR Director Danone ELN Indonesia menjelaskan bahwa Danone Indonesia sangat memperhatikan perkembangan dari karyawannya karena bagi mereka karyawan merupakan Asset dari Perusahaan dan untuk memastikan karyawannya agar dapat terus berkembang, Danone Indonesia memiliki inisiatif yang dilakukan sebagai bentuk talent management bagi karyawannya:

  1. Jaguar Program: Danone memberikan kesempatan bagi karyawannya yang berada di tingkat manajer  untuk terlibat dalam proyek antar negara
  2. Endeavor Program: program pengembangan karyawan untuk menduduki posisi manager
  3. International Assignment: Secara regular Danone Indonesia mengirimkan karyawannya ke Perusahaan Danone di negara lain, untuk mendapatkan pengalaman internasional. Dengan international assignment ini, mereka dapat membangun karirnya di lingkup yang lebih luas.
  4. Talent assessment and development: Untuk memastikan bahwa talent yang dimiliki sesuai dengan kriteria standar yang ditetapkan oleh Danone secara Global, Danone Indonesia melakukan penilaian dan mapping seluruh karyawan Danone Indonesia yang kemudian dikalibrasi oleh talent committee di tingkat departmen, business unit dan Negara (cluster).
  5. Management Trainee: program percepatan jalur karir, bagi para fresh graduate untuk menjadi pemimpin perusahaan, dimana mereka akan mendapatkan pelatihan, dukungan pengembangan diri dan terlibat dalam proyek-proyek menantang.  Setiap tahunnya, Danone Indonesia merekrut sekitar 60 Management Trainee dari universitas terbaik  dari dalam maupun luar negeri dengan penempatan di departemen yang berbeda.

Gustavo Hildenbrand selaku General Manager Nutricia Sari Husada dan General Manager Integration Danone Indonesia menjelaskan bahwa dari tahun ke tahun pelamar yang ingin melamar di Danone Indonesia terus bertambah dan bahkan untuk Program Management Trainee sudah ada lebih dari 40.000 pendaftar di tahun lalu.

Mr. Gustavo juga  menyadari bahwa karyawan yang bergabung di Danone memiliki tujuan lebih daripada sekedar bekerja, yaitu untuk belajar dan berkontribusi pada dunia yang lebih sehat. Dan beliau berharap, dengan apa yang kami lakukan dapat menginspirasi karyawan untuk terus berkontribusi pada dunia yang lebih sehat serta berdampak juga terhadap masyarakat luas.

 

Management Trainee (MT) Star Danone Indonesia

Management Trainee (MT) adalah salah satu program percepatan jalur karir, bagi para  fresh graduate terbaik dari berbagai Universitas di Indonesia. programfresh graduate untuk menjadi pemimpin perusahaan, dimana mereka akan mendapatkan pelatihan, dukungan pengembangan diri dan terlibat dalam  proyek-proyek menantang.

Di event ini pun dihadirkan talent-talent dari MT Star Batch 2014 dan 1 orang dari jalur profesional. Mbak Aci dan Mbak Jovita pun ikut berbagi pengalaman mereka selama direkrut dari jalur Management Trainee Batch 2014 sampai akhirnya mereka bisa sukses sekarang menduduki posisi Senior Brand Manager Nutricia (Mbak Aci) dan Supply Chain Network Optimization (Mbak Novita).

MT Star

Mbak Aci dan Mbak Jovita berbagi pengalaman bahwa walaupun mereka masih sangat muda saat itu, sekitar 22 tahun namun Danone Indonesia memberikan kesempatan dan kepercayaan pada mereka yang masih muda untuk menunjukkan kemampuan mereka memegang proyek penting, bahkan Mbak Jovita yang saat itu baru lulus dari Management Trainee sudah dipercaya memegang proyek jutaan dollar untuk pembangunan Pabrik dan pembelian mesin-mesin.

Jovita dan Aci juga menjelaskan bahwa di Danone Indonesia mereka diberi ruang untuk menyampaikan ide, gagasan, saran dan kritik secara terbuka dan atasan mereka selalu mendengarkan dan menerima setiap ide, saran dan kritik dari bawahan. Inilah yang membuat keduanya menjadi nyaman dalam bekerja dan merasa beruntung bisa bekerja di Danone Indonesia.

 

Office Tour Danone Indonesia

setelah mendengarkan paparan dan penjelasan dari jajaran Management Danone Indonesia, saya dan teman-teman Blogger diajak untuk Office Tour, mengelilingin kantor Danone Indonesia untuk melihat bagaimana suasana kerja dan lingkungan di kantor danone Indonesia.

kami pun dibagi menjadi 2 Tim yaitu Tim A dan Tim B, dimana masing-masing Tim dipimpin oleh Guide yang memiliki rute berbeda atau tidak berbarengan agar tidak terlalu crowded.

Saya masuk ke dalam Tim B, dan Tim B diajak mengunjungi pertama kali adalah Lobby Utama Danone Indonesia di Lantai 12. Di Lobby inilah tempat meeting point bagi Klien, tamu maupun Agent dari Danone Indonesia jika berkunjung ke kantor Danone. Lobby Utama ini sangat luas, di dalamnya juga ada berbagai ruang meeting untuk pertemuan, dan sofa-sofa untuk ruang tunggu tamu Danone Indonesia. Yang menarik dari Lobby ini, saya melihat ada kotak warna warni di bagian kiri belakang receptionist, yang ternyata ini adalah Drop Box, tempat dimana dokumen atau proposal pengajuan Dana untuk event dan dimasukkan dalam Box sesuai dengan unit bisnisnya. Jadi begitu simplenya kita tidak perlu harus mengantar sendiri dokumen ke nagian terkait, menunggu tandatangan dan sebagainya, cukup menaruh dokumen proposal di box ini dan setiap sorenya Dokumen ini akan disampaikan ke bagian Finance untuk diproses.

Drop Box

Kemudian kami pun diajak ke ruang Lactacy Room, dimana ruangan ini adalah tempat para karyawan wanita memompa Asi atau breast feeding. Di dalam ruangan ini ada 2 bilik tertutup untuk breast feeding, kemudian ada kulkas untuk menaruh Asi yang sudah dipompa dan ada tempat minum juga.

Selanjutnya kami diajak melihat ruangan kerja, kubical-kubical dan di setiap lorong kami menemukan tempat sampah yang terdiri dari 3 (tiga) tempat yang diperuntukkan bagi sampah Kertas, Sampah Plastik dan Sampah Umum, dan tempat sampah ini tidak disediakan di masing-masing kubical tapi hanya disediakan di beberapa tempat saja agar karyawan bisa bergerak menuju tempat sampah yang disediakan apabila hendak membuang sampah…yah hitung-hitung berolahraga sambil buang sampah 🙂

tong sampah

Dan terakhir, kami diajak ke ruangan super cozy dan nyaman yang diberi nama Dan Lounge, disini adalah tempatnya para karyawan Danone Indonesia untuk break sebentar dari pekerjaan dan sedikit santai karena disini disediakan Snack Corner, ada TV dan Play station dengan sofa nya yang super empuk, ada sofa-sofa untuk membaca buku, ada tempat duduk buat diskusi santai dan ada peralatan Band nya…kereeeenn banget!! Dijamin setelah dari sini pikiran jadi rileks dan semakin banyak ide-ide bermunculan 🙂 jadi makin semangat bekerja deh.

Setelah Office Tour, kami kembali ke ruangan semula. MbakDewi Suryani selaku Management Trainee and Employer Branding Manager Danone Indonesia menjelaskan sekilas tentang rekruitment Danone Indonesia. Danone Indonesia hanya membuka lowongan melalui websitenya yang dapat di akses di www. dancommunity.com atau dapat dilihat di media sosial Instagram Danone Indonesia yaitu @dancommunityid. Mbak Dewi juga mengingatkan kita jika ada info lowongan di luar website dan akun IG yang sudah disebutkan tadi maka sudah dapat dipastikan bahwa lowongan tersebut bohong atau hoax. Menurut Mbak Dewi, sudah banyak info lowongan Hoax Danone Indonesia yang bermunculan dan menipu banyak korbannya, karena Danone Indonesia tidak pernah meminta uang atau biaya pengganti transportasi maupun akomodasi justru Danone Indonesia yang akan menanggung biaya transportasi maupun akomodasi para kandidat yang lolos seleksi.

Pemenang Best Post.jpg

Gimana setelah  melihat liputan saya di kantor Danone Indonesia?? apakah tertarik untuk melamar ke Danone Indonesia?? saya aja tertarik banget….kira-kira bakal ada buka lowongan untuk posisi saya gak yah di bidang Legal?? hihihihi…siapa tau bisa beruntung join disana :).

Terima kasih Danone Indonesia, atas kesempatan yang diberikan kepada saya untuk mengunjungi kantor Danone Indonesia 🙂